Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

Belajar teknik mnemonic, Cara aneh untuk menghafal kosa kata baru

Belajar teknik mnemonic, Cara aneh untuk menghafal kosa kata baru


Bagi yang sedang belajar bahasa pasti pernah mendengar kata mnemonic?
Mnemonic atau dibaca nemonik merupakan salah satu teknik untuk mengingat sesuatu dengan menghubungkan hal yang lain.
Contoh paling mudah misalnya trik jembatan keledai untuk menyingkat warna pelangi atau menghafal rumus kimia.
Dalam belajar bahasa sendiri teknik ini cukup populer.
Menghafal sebuah kata baru memang kadang tidak mudah terlebih jika kita tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat.
Saya sendiri baru saja menetapkan teknik ini untuk mengingat-ingat kembali vocabulary yang pernah saya simpan di aplikasi Anki.
Berikut beberapa contoh kata yang saya coba ingat menggunakan teknik mnemonic ini.
Replenish = Mengganti/mengisi kembali
Untuk kata ini cukup mengingat kata replace.
Bedlam = hiruk-pikuk
Saya membayangkan ada dua orang sedang ribut-ribut mempermasalahkan lampu tidur. Bed+lamp... Keributan ini identik dengan hiruk-pikuk.
Wriggling = menggeliat
Wriggling ini mirip kata Wrestling 'gulat'. Gulat identik dengan menggeliat.
Frowning = cemberut
Saya kaitkan huruf F dengan kata 'face', lebih detailnya ketika mengucapkan kata frowning, kita seperti sedang manyun dan cemberut.
Lurked = bersembunyi
Saya membandingkannya dengan kata 'look' lihat. Jadi saya asumsikan sebagai lawan katanya saja. Look melihat, lurk sembunyi.
Enchanted = mempesona
Pengucapannya kata ini saya plesetan jadi en...Cantik.. Kalau cantik berarti identik dengan mempesona.
Wobble = bergoyang
Kalau sedikit diplesetkan pengucapannya kata ini menjadi mobil. Saya membayangkan menumpang mobil di jalan Kalimantan yang rusak dan berlubang serta pasti bergoyang-goyang.
Nah, itu beberapa contoh penggunaan teknik mnemonic yang saya gunakan.
Sebenarnya cara mengingat di atas hanya saya ciptakan di dalam kepala saya saja sehingga kelihatan aneh kalau dijabarkan.
Konsepnya buat sebuah cerita unik untuk menghafal kata tersebut, gunakan imajinasi, pengetahuan bahkan hal yang berbau humor bahkan horor sekalipun sehingga lebih mudah untuk mengingat kata tersebut.
Sama seperti mengingat nama tokoh pahlawan, kita akan ingat nama mereka ketika tahu kisahnya atau tahu kisahnya baru ingat namanya.
Contohnya, semua pasti tahu siapa anak durhaka pada ibunya kemudian dikutuk menjadi batu.
Jawabannya Malin Kundang.
Atau,
Ketika mendengar kata Soekarno, apa yang kalian bayangkan. Kita pasti akan terbayang presiden pertama RI, bapak proklamator, ayahnya Megawati, dsb.
Ya kurang lebih seperti itulah sebenarnya teknik ini bekerja.
Semoga konsep ini juga bisa digunakan oleh para pembaca semua.
Ya kalian bisa membuat cerita versi sendiri.
Semoga ini dapat menjadi tambahan referensi untuk mempelajari bahasa asing lain yang sedang kalian pelajari.
Pernah mencoba teknik nemonik ini dan punya cerita menarik? Yuk, share di kolom komentar !
Back To Top type='text/javascript'/>