Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

Belajar Bahasa Inggris Otodidak di Pagi Hari

Belajar bahasa Inggris otodidak di pagi hari




Belajar bahasa Inggris secara otodidak di pagi hari adalah salah satu dari bagian dari rutinitas wajib yang saya lakoni. Berbeda dengan kebanyakan orang yang belajar bhs Inggris pada umumnya dengan mengerjakan latihan atau mungkin menghafal kosa katanya, saya memilih belajar dengan cara yang lain.

Karena otodidak, saya tidak ingin terbebani dengan kata belajar, maka saya tidak melakukan aktivitas yang mengarah pada latihan atau rutinitas formal layaknya seorang pelajar.

belajar bahasa inggris, belajar otodidak, belajar bahasa Inggris otodidak, otodidak
Sumber : http://rumahnegeriku.com/site/wp-content/uploads/2014/11/main-qimg-49e8de4a2dd77085c5fc887393c9bafe.png


Bangun tidur setelah mengucap syukur pada yang kuasa, saya akan mengecek email yang masuk.

Ada banyak email di sana yang berasal dari situs-situs luar yang sudah saya subscribe sebelumnya.

Mulai dari berita sampai blog-blog yang berisi artikel pengembangan diri. 

Saya tidak membaca semuanya hanya memilih artikel yang kira-kira judulnya menarik saja.

Paling tidak ada saya akan membaca 3 sampai 4 artikel yang panjang. 

Namun kalau artikel panjang seperti The Art of Manlines itu pun biasanya cuma kuat 1 saja.

Membaca artikel ini lambat laun dengan sendirinya akan menambah vocabulary saya dengan catatan selalu penasaran dengan kata atau kalimatnya.

Apakah saya selalu buka kamus?

Tidak!

Saya malah jarang buka kamus. 

Bagaimana saya mengartikannya?

Gampang, saya tidak mengartikan tiap kata dalam kalimat tersebut tapi saya mencoba menebak maknanya dari konteks kalimat.

Jadi seperti menggunakan feeling saja. 

Namun jika ada salah satu kata yang susah dan biasanya menjadi kunci atau kata ini sering disebutkan dalam artikel tersebut, barulah saya akan mencari artinya dengan google translate atau kamus dari situs-situs online.

Ya, saya tidak menggunakan cara belajar yang sering digunakan para pelajar yang akan menghadapi ulangan karena memang saya tidak punya tanggungan untuk itu.

Saya mencoba memasukkan aktivitas membaca ini sebagai salah satu bagian dari rutinitas hidup saja.

Selain itu, intinya adalah untuk belajar menangkap maksud tulisan tersebut dari konteksnya bukan arti kata per kata. Beda dengan waktu sekolah dulu, seringkali guru menekankan arti pada tiap katanya. 

Alasannya karena ini bisa jadi masalah dan terasa ambigu jika kata tersebut bisa digunakan di berbagai kalimat.

Sehingga seharusnya kita juga belajar membuat contoh kalimat dalam konteks yang lain.

Oleh karena itu, memang dianjurkan untuk menggunakan kamus Inggris-Inggris agar kita bisa melihat contohnya dalam arti yang berbeda atau contoh penggunaannya dalam ungkapan tertentu.

Jarang sekali saya mendengarkan tips seperti ini (belajar dari konteks dan kamus bhs Inggris ke bhs Inggris) dari blog atau pun guru sekolah (sejauh pengalaman saya sekolah), entah apa alasannya.

Padahal, cara belajar dengan memahami konsep seperti ini adalah cara yang paling sering dianjurkan oleh para polyglot di luar sana.

Inilah salah satu faktor mengapa para polyglot bisa menguasai banyak bahasa yaitu bukan karena mereka bisa mengerti banyak daftar kata namun karena mereka belajar memahami dan mengerti lewat konsteks pembicaraan maupun konteks kalimat dari suatu bahasa.


Ngomong-ngomong, saya juga menggunakan cara yang sama seperti ini untuk memahami bahasa Jawa dan beberapa bahasa lain di Kalimantan.

Hmm... topiknya kemana-mana ni karena terlalu bersemangatnya.

Kembali ke topik rutinitas saya di pagi tadi.

Biasanya saya bangun jam 6 dan melakukan aktivitas ini paling lama sampai jam 7 kadang bisa lebih kalau tidak ada kerjaan atau pas hari libur kerja.

Ya, begitulah cara belajar bahasa Inggris saya di pagi hari

Melakukan aktivitas yang ringan tapi bermanfaat dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing sekaligus mendapat ilmu baru untuk perkembangan pengetahuan saya lewat artikel yang ditulis tadi.

Sekali dayung dua tiga pulau terlewati, sudah saya lakukan.

Bagaimana dengan kalian?

Caranya tidak harus buku pelajaran, buka-buka berita bola dari situs BBC Sport atau mungkin novel atau komik.

Baca : Cara saya mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris dari membaca

Belajar gak perlu cara yang susah, pakai cara sederhana namun memiliki manfaat yang besar.

Mungkin kalau saya jadi guru bahasa Inggris di sekolah, tiap hari siswa siswi saya suruh menuliskan setidaknya 2 hal yang berhubungan dengan pengetahuan yang mereka dapatkan pagi ini dari internet.

Buat revolusi donk, masak smartphone hanya untuk selfie, medsos atau game online aja. Sekali-kali buat belajar.

Baca : 6 Cara untuk bisa bahasa Inggris tanpa membaca

Semoga artikel ini bisa menginspirasi teman-teman untuk lebih bersemangat lagi mendalami bahasa Inggris.

Oh ya, apa saja artikel langganan saya, ini dia daftarnya

Art of Manliness http://www.artofmanliness.com/

Forbes Entrepreneurs http://www.forbes.com/

Lifehack http://www.lifehack.org/

Kerstin Cable (Polyglot) http://fluentlanguage.co.uk/

Benny Lewis (Polyglot) http://www.fluentin3months.com/

Polyglot Dream (Polyglot) http://www.thepolyglotdream.com/

Italki https://www.italki.com/

FluentU http://www.fluentu.com/

dan masih banyak lagi sebenarnya. Kalian boleh memilih sendiri sesuai minat kalian.

Ya, jangan takut-takut buat masukan email dan berlangganan dari blog atau website yang punya artikel yang bagus. 

Biasanya kalau ada artikel yang bagus dari situs tertentu akan saya subscribe. 

Kalian tahu situs keren yang lain, komen di bawah ya.

Ntar kasian emailnya busuk kalau tidak pernah dibuka. #justkidding

Okey sampai di sini dulu tulisan saya kali ini.

Cheerss!!!
Back To Top type='text/javascript'/>